Putri Malu (Mimosa pudica) Tumbuhan Liar Unik Khas Tepi Jalan

Putri malu atau dalam bahasa latin disebut Mimosa pudica Linn. adalah tumbuhan liar yang unik dengan ciri khas daun yang dapat menutup dengan sendirinya bila disentuh dan membuka kembali setelah dibiarkan beberapa saat. Diduga dari sifatnya yang unik tersebut, membuat tumbuhan ini dijuluki dengan nama putri malu.
 
 
Tanaman putri malu memiliki duri, termasuk dalam tanaman berbiji tertutup (angiospermae) dan terdapat pada kelompok tumbuhan berkeping dua atau dikotil. Memiliki daun majemuk menyirip dan bertepi rata. Letak daun yang berhadapan serta termasuk dalam suku polong-polongan. Daun kecil-kecil tersusun majemuk, bentuk lonjong dengan ujung lancip, warna hijau (ada yang kemerah-merahan). Bila daun disentuh akan menutup (sensitive plant). Bunga bulat seperti bola, warna merah muda, bertangkai. 
 
Klasifikasi Tumbuhan Putri Malu. 
 
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Classis : Angiospermae
Ordo : Rosales
Suku : Mimosaceae
Familia : Mimosaceae
Genus : Mimosa
Spesies : Mimosa pudica Linn. 
 
Sifat karakteristik dan morfologi umum tumbuhan putri malu.
 
Tanaman putri malu adalah tumbuhan liar, memiliki sifat yang dapat menutup daun saat disentuh ini disebut dengan seismonati, yang walaupun dipengaruhi rangsang sentuhan (tigmonasti), sebagai contoh, gerak tigmonasti daun putri malu menutup tidak peduli darimana datangnya arah rangsangan. Tanaman ini juga akan menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit. Tanaman putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya.  
 
 
Tumbuhan putri malu secara umum memiliki morfologi sebagai berikut : 
 
  • Akar
Tumbuhan putri malu memiliki akar tunggang berwarna putih kekuningan. Diameter akar tidak labih dari 1-5 mm. Akar mimosa memiliki bau yang khas yakni menyerupai buah jengkol. 
 
  • Batang
Tanaman putri malu memiliki batang berbentuk bulat, berbulu, dan berduri tajam. Bagian batang putri malu terdapat bulu halus dan tipis berwarna putih dengan panjang sekitar 1-2 mm. Batang muda berwarna hijau mencolok dan batang tua berwarna merah.
 
  • Daun
Bentuk daun menyirip dan bertepi rata. Daun berbentuk kecil tersusun secara majemuk, berbentuk lonjong serta letak daun berhadapan. Warna daun hijau namun ada juga yang berwarna kemerah-merahan. Warna daun bagian bawah dari putri malu (Mimosa pudicaLinn) berwarna lebih pucat. Bila tersentuh, daun putri malu akan segera menguncup atau menutup. Pada tangkai daun terdapat duri-duri kecil.
 
  • Bunga
Bunga berbentuk bulat seperti bola, warnanya merah muda dan bertangkai serta bentuk bunga berambut. Putik berwarna kuning dan tangkai bunga berbulu halus. Pada saat matahari tenggelam, bunga akan menutup seakan layu dan mati, tapi jika terkena sinar matahari lagi maka bunga itu akan kembali mekar.
 
  • Buah
Buah dari putri malu menyerupai buah kedelai dalam ukuran kecil. Pada buah putri malu, terdapat bulu-bulu halus berwarna merah, namun hanya terdapat pada bagian tertentu saja. Tangkai buah memiliki panjang tangkai sekitar 3-4 cm dengan diameter 1-2 mm. Pada satu tangkai buah, terdapat 10-20 buah dengan pangkal buah melekat pada ujung tangkai. Ketika buah telah masak, buah tersebut akan pecah sehingga bijinya akan jatuh dan menyebar ke segala arah. Biji ini nantinya akan tumbuh menjadi tunas baru. Buah yang mentah maupun telah masak berwarna hijau. 
 
Kandungan kimia dan manfaat kegunaan dari tumbuhan putri malu.
 
Beberapa sumber menyebutkan tulisan mengenai tumbuhan putri malu menyembutkan bahwa kandungan kimia yang dimilikinya yaitu mulai dari senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan fenolik. Bagian daun, batang, dan akar putri malu (Mimosa pudica Linn) mengandung senyawa mimosin, tanin, alkaloid dan saponin. Senyawa mimosin merupakan salah satu asam amino hasil biosintetik turunan dari lysin. Sedangkan senyawa tanin dan saponin diduga berperan aktif sebagai agen antijamur.

Tumbuhan putri malu juga mengandung melatonin. Melatonin merupakan senyawa paling berkhasiat yang dapat dimanfaatkan untuk herba kesehatan sebagai efek relaksasi pada syaraf otak kecil.  
 
Tanaman putri malu mempunyai khasiat cukup besar untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dari daun hingga ke akarnya, tanaman ini berkhasiat untuk transquilizer (penenang), ekspektoran (peluruh dahak), diuretic (peluruh air seni), antitusif (antibatuk), antipiretik (penurun panas), dan antiradang. Para ahli pengobatan Cina dan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan Indonesia mengindikasikan, putri malu bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit lain seperti radang mata akut, kencing batu, panas tinggi pada anak-anak, cacingan, imsonia, peradangan saluran napas (bronchitis), dan herpes. 
 
Pemanfaatan untuk obat ini dapat dilakukan dengan cara diminum maupun sebagai obat luar. Hanya saja pemakaian akar putri malu dalam dosis yang tinggi bisa mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah. Wanita hamil juga dilarang minum ramuan tersebut karena bisa membahayakan janin.  
 
 
Habitat lingkungan tempat tumbuh putri malu dan nama lain putri malu di beberapa daerah.
 
Putri malu (Mimosa pudica Linn) biasanya seringkali detemukan tumbuh merambat atau kadang berbentuk seperti semak dengan tinggi antara 0,3 -1,5 m. Putri malu biasa tumbuh liar di pinggir jalan atau di tempat-tempat terbuka tanah lapang yang terkena sinar matahari. 
 
Di Indonesia tanaman ini memiliki banyak nama sesuai daerah seperti; sihirput, sikerput (Batak); padang getap (Bali); daun kaget-kaget (Manado); rebah bangun (Minang kabau); kucingan (Jawa); rondo kagit (Sunda); todusan (Madura). Sedangkan untuk nama asing tumbuhan putri malu (Mimosa pudica Linn) di berbagai negara yaitu han xiu cau (China); makahiya (Filipina); malu-malu (Malaysia); mai yarap (Thailand); mori vivi (Hindia Barat); mac co (Vietnam) dan shame plant, sensitive plant (Inggris).  
 
Demikian paparan singkat mengenai Putri Malu (Mimosa pudica) Tumbuhan Liar Unik Khas Tepi Jalan. Dimuat berdasarkan sumber dari : 
http://repository.setiabudi.ac.id/3750/4/bab%202.pdf
http://eprints.undip.ac.id/7855/1/Arif_Syaiful_Haq.pdf
http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/17893/Bab%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y
Gambar dimuat berdasarkan hasil penelusuran google gambar dengan pencarian kata "tanaman putri malu, klasifikasi morfologi putri malu, khasiat dan manfaat putri malu". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaan yang bermanfaat! Terimakasih.